JualTUNA KALENG
Dapatkan Tuna Kaleng dan Saden Kaleng langsung dari pabrik
Purchase Now

Fungsi, Manfaat, serta Cara Pengolahan Ikan Tuna Kaleng

Ikan tuna kaleng yang beredar di pasaran biasanya direndam dengan minyak (tuna in oil) dan air (tuna in water), ada juga yang sudah diberi berbagai macam saus rendaman seperti saus tomat atau saus cabai. Memilih ikan tuna dalam kaleng memang tergantung selera masing-masing, meski ada juga beberapa rekomendasi yang menyarankan untuk memilih ikan tuna yang direndam dalam air ketimbang minyak karena lebih sehat.
Selain itu, memilih produk ikan tuna kalengan juga tergantung dari resep apa yang ingin dibuat. Misalnya saja Anda ingin menggunakan ikan tuna tersebut untuk salad, maka sebaiknya pilih ikan tuna tanpa bumbu, begitu pula jika tuna ingin digunakan dalam sup dan sajian lainnya seperti sandwich adonan kue. Kalau hanya untuk taburan saja, bisa memakai tuna kaleng yang direndam minyak karena tidak cepat kering dan rasanya juga cukup gurih.


Ikan tuna kaleng dengan saus tomat, bumbu kuning, saus sambal/ cabai, dan rendaman bumbu lainnya biasanya digunakan jika ingin dimakan dengan nasi. Cara ini adalah tips paling simpel untuk mengonsumsi ikan tuna kaleng siap makan. Bisa juga kalau ingin dimasak menjadi sup tomat karena sudah ada bumbu tomatnya jadi bisa menambah cita rasa.
Biasanya kalau ingin memakai ikan tuna kalengan, air atau minyaknya selalu ditiriskan. Padahal minyak dan airnya ini pun juga mengandung nutrisi dari ikan tersebut. Jadi sebaiknya tidak perlu ditiriskan sampai kering sekali agar nutrisi yang ingin didapatkan malah jadi hilang.
Fungsi dan manfaat dari nutrisi ikan tuna kaleng serta cara mengolahnya
Ikan tuna merupakan salah satu komoditi seafood/ panganan laut yang paling dicari di dunia termasuk Indonesia. Ikan tuna mudah ditemui baik di negeri Asia dan juga Eropa. Ikan tuna ini terdiri dari banyak jenisnya mulai dari ikan tuna bluefin (tuna sirip biru), yellowfin (tuna sirip kuning), albacore, bigeye, skipjack, dan lainnya. Beberapa jenis ikan tuna tersebut dibanderol cukup mahal seperti jenis yellowfin dan bluefin.
Ikan tuna dapat ditemukan di perairan lepas seperti Indonesia bagian Selatan. Tiap ikan tuna pada umumnya mempunyai berat sekitar 1 kilogram. Meski begitu, ada juga ukuran ikan tuna yang amat besar dan memiliki berat hingga berkilo-kilo bahkan sampai ratusan kilogram. Ikan tuna seperti ini dibawa ke pabrik untuk diolah menjadi beragam produk ikan tuna termasuk merek ikan tuna kaleng yang enak dan beredar banyak di pasaran.
Fungsi dan manfaat dari nutrisi ikan tuna
Kandungan nutrisi dalam ikan tuna cukup tinggi contohnya seperti omega-3, protein, vitamin A, vitamin B6, mineral, dan sebagainya. Ikan tuna seperti ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya memperkecil resiko stroke, hipertensi atau tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan sebagainya. Ikan tuna juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun, membantu pembentukan otot, sekaligus mengurangi risiko obesitas atau kegemukan.
Ikan tuna dengan kandungan omega-3 sangatlah penting bagi tubuh sebab tubuh manusia tidak dapat membentuk nutrisi ini. Omega-3 ini selain baik bagi jantung juga bermanfaat bagi perkembangan otak khususnya pada anak-anak. Meski begitu, tetap disarankan konsumsi terbatas ikan tuna kaleng karena mengandung merkuri yang akan berdampak buruk bagi kesehatan kalau berlebihan.
Ikan tuna ini dapat diolah menjadi berbagai macam resep ikan tuna kaleng enak serta menyehatkan. Cara-cara mengolah ikan tuna yang bisa dilakukan yaitu dengan cara ditumis, digoreng, dibuat pepes, bahkan ada juga yang dimasukkan ke dalam adonan kue. Ikan tuna ini juga bisa diolah untuk dikonsumsi anak-anak.
Cara mengolah ikan tuna
Jika ikan tuna kalengan sudah dibuka tutupnya, maka harus segera digunakan. Kalau masih ada sisa bisa disimpan di dalam lemari es dalam wadah tertutup rapat. Ikan tuna dalam kaleng dapat digunakan sebagai topping atau isi untuk berbagai macam resep misalnya salad, sup, sandwich, spaghetti, pizza, dan sebagainya.
Anda bisa juga mengolah ikan tuna ini untuk resep diet rendah kalori dan lemak. Ikan tuna yang mengandung cukup protein sangat baik disajikan dalam menu diet Anda. Protein di dalamnya dapat membantu Anda cepat kenyang sekaligus membantu dalam pembentukan otot.
Amankah ikan tuna kaleng untuk ibu hamil?
Banyak perdebatan mengenai amankah ikan tuna kaleng untuk ibu hamil. Sebetulnya, ibu yang lagi hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi ikan 8 sampai 12 ons per minggu. Tapi pemilihan ikan harus hati-hati karena haruslah ikan dengan kandungan merkuri yang rendah. Ikan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena mengandung tingkat merkuri yang cukup tinggi yaitu makarel, ikan hiu, dan ikan todak. Sementara itu, ikan tuna masih bisa dikonsumsi asalkan memilih yang jenisnya menawarkan kandungan merkuri yang rendah.
Bahkan banyak pakar yang merekomendasikan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi ikan tuna, namun dengan jumlah terbatas. Penelitian yang dilakukan oleh FDA dan EPA mengatakan bahwa ikan tuna masih aman dikonsumsi asal jumlahnya dibatasi agar merkuri di dalamnya tidak berpengaruh buruk bagi kesehatan.
Seandainya Anda masih ragu pun bisa menghindari ikan tuna, tapi tetap pastikan Anda mendapatkan nutrisi penting bagi ibu hamil dan janin lewat makanan laut lainnya yang rendah kalori. Namun, kalau Anda memang pecinta ikan tuna maka bisa mengonsumsinya selama ikan tersebut mengandung merkuri rendah.
Itulah beberapa informasi mengenai ikan tuna kaleng yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli dan mengonsumsinya. Pastikan saat beli, kaleng ikan tuna tersebut dalam keadaan baik, tidak ada bocor, cacat, menggembung, apalagi sampai penyok. Pilihlah kualitas dan merek ikan tuna yang terbaik. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

About Us


Kami Siap Menyuplai Kaleng Tuna, Ikan Tuna, Saden Kaleng, dll.

Kami akan memberikan Harga dan kualitas terbaik

Hubungi Kami untuk pemesanan dan penawaran

: Java, Indonesia

Formulir Kontak

© BlackTigerShrimps.com All Rights Reserved (Jual Tuna Kaleng, Ikan Tuna Kaleng, Jual Sarden Tuna, Tuna Kaleng Kalori )